Apakah itu Web Hosting

Jika anda ingin ambil bagian dalam dunia internet, untuk bisnis, sumber informasi, direktori, atau sebagai hobby menginginkan sharing data, informasi dan pengetahuan dengan banyak orang melalui internet, anda harus menempatkannya dalam sebuah titik sentral dalam arus data internet, anda harus punya sebuah kapling di dunia maya.

Web hosting memungkinkan anda dan siapapun dengan komputer dan koneksi internet, untuk memiliki sebuah ruang dalam dunia maya. Dalam ruang maya, anda akan dapat mempunyai berita, buletin, dokumen, data, file (dari web site anda), dan sebuah kantor pos (mail server) untuk menerima email, semua dalam konteks anda dan bisnis anda. Ini adalah ruang anda, dan untuk memilikinya anda harus memiliki koneksi internet yang terhubung dengan backbone internet, dan sebuah komputer yang berfungsi sebagai server, yang menyelenggarakan akses ke file anda atau mail server anda untuk komunitas internet, untuk melihat web site anda, menerima dan mengirim email dengan anda.

Biaya untuk memiliki koneksi langsung ke backbone internet, dan dedicate server untuk penyelenggaran web site dan mail server, masih di luar jangkauan rata-rata untuk kalangan usaha kecil dan menengah, apalagi perorangan, disamping itu pula memerlukan penanganan dan pengetahuan teknis dalam menjalankan server web site dan mail server, agar berfungsi dengan lancar.

Dalam kehidupan modern, untuk setiap orang pelaku bisnis atau yang berkarir dalam industri kebanyakan di dunia saat ini, memiliki ruang di dunia maya menjadi sebuah keharusan bukan hanya sebagai sarana persaingan yang semakin tinggi namun juga untuk survive.

Perusaahan web hosting muncul sebagai solusi kebutuhan akan “ruang” di dunia maya tersebut, untuk menyelenggarakan layanan dimana orang dapat memiliki ruang dunia maya selama 24 jam/ 7 hari dengan biaya yang terjangkau. Perusahaan web hosting menyelenggarakan model layanan dimana mereka dapat membagi area peyimpanan yang terhubung langsung dengan internet untuk disewakan kepada masyarakat, dapat menekan biaya karena banyak orang berbagi untuk menggunakan sumber daya komputer dan koneksi internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image