Multi Domain dalam sebuah IP

Jika anda menggunakan layanan hosting, dan anda bertanya, bagaimana jika satu ip digunakan untuk beberapa domain/website sekaligus? Ada yang berpendapat setiap domain harus diwakili oleh satu alamat ip yang unik, dan ada pula yang mempunyai pendapat tidak perlu karena search engine mengambil data berupa url dan bukan ip.

Mayoritas perusahaan hosting, yang menggunakan standar harga reasonable/ layak, tidak menawarkan single ip untuk setiap domain/website yang di-hostkan. Kecuali pelanggan memang benar-benar memerlukannya, seperti jika ingin menerapkan SSL (secure socket layer) di websitenya, tentunya ada tambahan biaya per bulan sekitar 20 ribu s/d 30 ribu.Ip statis dan Shared IP

Ip statis untuk website adalah ip yang disediakan khusus hanya untuk sebuah website tersebut, tidak berbagi dengan website lainnya, jadi jika anda melihat url http://sebuahdomain.com, dengan ip 123.234.345.56, maka akses ke webnya dapat juga dilakukan dengan

http://123.234.345.56 -> http://www.sebuahdomain.com

Ip shared, adalah ip yang disediakan untuk dipergunakan oleh beberapa website, jika web1, web2, dan web3, menggunakan ip yang sama 123.234.345.56 (shared ip) maka pengaksesannya bisa juga dilakukan dengan :

http://123.234.345.56/~web1/ -> http://www.web1.com
http://123.234.345.56/~web2/ -> http://www.web2.com
http://123.234.345.56/~web3/ -> http://www.web3.com

Dimana, web1, web2 dan web3 adalah identitas account yang terdaftar di web server tempat dimana web melakukan hostingnya.

Pertanyaan seputar shared ip :

Apakah website dengan ip share akan lebih lambat dari ip dedicated?

Yang paling menentukan lambat tidaknya sebuah website, adalah kurang lebih demikian :

  1. Performa Webserver dan perangkat kerasnya
  2. Uplink port yang disediakan untuk melayani request client
  3. Infrastruktur interkoneksi (backbone) antara sisi klien dan webserver.

Tidak menutup kemungkinan jika mekanisme sharing yang melebihi batas kewajaran (over value) akan menyebabkan akses ke sebuah situ yang menggunakan ip share menjadi lambat karena beban server dan hardisk yang berlebih.

Apakah saya benar-benar memerlukan sebuah dedicated ip untuk web server saya?

Jika anda menaruh hosting anda di server linux (*nix) dengan webserver yang mempunyai kapabilitas virtual hosting menggunakan header, anda tidak perlu khawatir jika menggunakan shared ip, alamat ip dari webserver anda, sudah cukup untuk bisa melakukan ftp, telnet dan melakukan browsing dengan http/1.1 compliant browser yang rata-rata sudah didukung oleh browser-browser web yang ada. Terkecuali jika anda ingin membangun web site dengan dukungan SSL di dalamnya, anda memang perlu sebuah dedicated ip.

Apakah itu HTTP/1.1 ?

HTTP adalah protocol world wide web (www) yang mendefinisikan bagaimana sebuah web menangani permintaan client, kemudian mengirimkannya melalui internet.

HTTP/1.1 afalah protokol yang menggunakan header website melalui hostname dari pada ip nya, yang berarti ini akan mendukung virtual hosting tanpa banyak menggunakan alamat ip. Browser-browser yang ada sekarang ini sudah mendukung http/1.1 dimana web browser akan membaca header hostname sebuah situs, bukan alamat ip-nya.

3 thoughts on “Multi Domain dalam sebuah IP

  1. maaf mau menanyakan, kan sekarang banyak hosting yang bisa digunakan untuk beberapa domain seperti yang saya gunakan, paket yang saya pakai saat awal membeli tertera domain 5, sub domain unlimited, menurud anda bagaimana, terus saya minta saran, kebetulan saya ingin membuat web untuk alumni tempat saya kuliah (permintaan dari teman-teman) dan saya berencana menggunakan hosting yang saya gunakan, kira2 mempengaruhi kinerja aksesnya tidak? trim’s

  2. Mas Arif yang yth, bisa dimungkinkan menambahkan add on domain ke hosting yang anda sewa, jika penyedia hosting tersebut menyediakan. Kinerja yang akan terpengaruh langsung terhadap kuota trafik per bulan, karena di limit dalam kisaran tertentu oleh penyedia hostingnya. Jadi jika dipakai untuk beberapa domain, tentu kuota akan terlampaui dengan cepat, dengan catatan hit rate web nya tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image