Remote MySQL di Cpanel

Apa yang dimaksud dengan remote MySQL? remote MySQL adalah akses database MySQL yang dilakukan oleh komputer/server lain secara “remote” atau tidak berada dalam mesin yang sama. Bagaimana remote mySQL diCpanel? Paragraf berikut akan secara sederhana menjelaskan langkah-langkahnya.

Sebelum anda melakukan remote MySQL, tentu saja anda harus persiapkan komputer yang akan dipergunakan untuk melakukan akses, komputer ini mempunyai IP (internet protocol), IP inilah yang akan dipergunakan sebagai penanda untuk mengijinkan adanya akses ke database MySQL.

Pertama, Login ke Cpanel menggunakan url http://www.namadomain.com/cpanel. Selanjutnya anda akan menuju ke frontend cpanel, disitu berisi kategori-kategori fungsi untuk melakukan setting dari hosting anda. Dibawah kategori Databases, anda akan melihat icon sub kategori Remote MySQL, anda klik icon tersebut, kemudian anda akan menuju ke tampilan Remote Database Access Hosts.

Frontend Database Cpanel

Remote MySQL Cpanel

Tampilan Remote MySQL

Tampilan Remote MySQL berisi kolom pengisian access host, dan daftar dari access host yang diijinkan untuk mengakses database. Langkah kedua, memasukkan ip address dari host yang akan pergunakan untuk mengakses database MySQL, anda diijinkan juga menggunakan wildcard (%), untuk host-host yang akan anda pergunakan mengakses, setelah itu anda klik add host, selanjutnya nomer IP yang anda masukkan akan tertampil dalam daftar host dibawahnya. OH.. anda keliru atau ingin menghapus nomer IP yang baru saja anda masukkan, gampang saja anda tinggal klik tanda (x) dibawah tulisan Remove.

Langka terakhir tentu saja membuat database name, dan database username, dalam cpanel nama database dan user, akan mempunyai format :

  • Nama Database = usernamecpanel_namadatabase
  • Nama User= usernamecpnale_namauser

Setelah itu anda perlu melakukan koneksi database antara user dengan databasenya, maka selesailah sudah anda melakukan setting remote MySQL. Semoga Membantu..!

3 thoughts on “Remote MySQL di Cpanel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image