Apa Yang dimaksud dengan Bandwidth?

Banwidth Web hosting

Bandwidth Web hosting

Apakah yang dimaksud Bandwidth dan Data Transfer? Sederhananya keduanya adalah sinonim, berdasar kepada jumlah data yang dikirim dari dan ke pengunjung dan website anda. Misalkan jika anda mempunyai website dengan kapasitas total file adalah 30KB (Kilo Byte), kemudian seorang pengunjung membuka halaman dengan browsernya, maka pengunjung tersebut menerima data sejumlah 30KB.

Untuk menghitung bandwidth kita perlu mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini :

  1. Ukuran (file) Halaman atau website anda.
  2. Jumlah pengunjung website,
  3. Jenis File yang diakses oleh pengunjung web anda.

Beberapa situs pribadi untuk sekedar profile, memiliki transfer data yang kecil karena ukuran halaman yang kecil dan pengunjung yang tidak terlalu banyak.  Untuk Website Professional atau bisnis, mempunyai data transfer yang lebih besar, karena ukuran halaman yang besar dan jumlah pengunjung yang banyak, apalagi jika web-nya menampilkan grafik, audio, video, live streaming bahkan download.

Sebagai contoh, jika sebuah situs ukuran file total 2MB, dan 1000 orang melihat setiap halaman, maka total transfer data adalah 2MBx1000 = 2GB (GigaByte). Dalam layanan webhosting transfer data ini akan dijumlah dalam 1 bulan, sehingga akan terjumlah konsumsi bandwidth per bulan.

Sekarang pertanyaannya adalah Mengapa beberapa perusahaan web hosting menarik pembiayaan untuk bandwidth dan data transfer sementara perusahaan yang lainnya menawarkan bandwidth dan data transfer unlimited?

Anehnya gratis di internet, mengacu kepada bandwith unlimited tadi, seringkali berarti biaya. Jika ada perusahaan webhosting menawarkan unlimited bandwidth anda perlu menanyakan dimana letak unlimited-nya. Kalau boleh sedikit berbagi rahasia, unlimited itu berarti dibawah limit yang sebenarnya, karena backbone pun punya limit bandwidth, dan setiap transfer data yang terjadi itu berarti biaya.

3 thoughts on “Apa Yang dimaksud dengan Bandwidth?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image