Beberapa cara menghemat Bandwidth webhosting

Bandwidth Exceeded

Pesan Bandwidth Exceeded

Dalam mengembangkan sebuah website, semakin banyak pengunjung dapat merupakan hadiah dari buah kerja keras kita, atau pun bisa merupakan musibah. Mengapa musibah? Semakin banyak jumlah pengunjung ke website kita, berarti semakin banyak pula transfer data dari dan ke pengunjung dan website, akibatnya website anda bisa mengalami suspend (ditangguhkan) dikarenakan “bandwidth exceeded” karena jatah bulanan bandwidth yang disediakan oleh provider webhosting anda sudah melampaui batas maksimal. Penangguhan memang bersifat sementara, tapi apakah anda mau jika website anda mengalami penangguhan setiap bulannya, yang otomatis akan sangat menganggu performa website anda, dan bukan tidak mungkin pengunjung justru akan lari karenanya.Dalam menghadapi masalah ini, ada dua cara yang bisa anda lakukan, yaitu :

  1. Upgrade, anda mungkin saja memilih opsi upgrade ke paket hosting yang lebih tinggi menjamin kapasitas bandwidth bulanannya, yang otomatis ada penambahan biaya.
  2. Penghematan, anda perlu melihat kembali konfogurasi, layout, dan manajemen sistem dari website anda untuk lebih mengefisienkan konsumsi bandwidth, atau dengan kata lain mengoptimalkan transfer data.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa anda terapkan dalam website anda untuk melakukan penghematan bandwidth :

  1. Optimasi penggunaan gambar (images), gambar merupakan kontributor yang cukup besar dalam konsumsi bandwidth, semakin banyak gambar, baik itu untuk ilustrasi maupun background, maka akan semakin banyak pula konsumsi bandwidthnya dikalikan jumlah pengunjungnya. Solusi : pertama, Kompresi gambar anda, dengan menggunakan tool seperti adobe photosop dengan save for web untuk gambar yang memiliki banyak warna dengan format JPG, dan alternatif lainnya dengan GIF atau PNG. kedua, optimalkan penggunaan css (cascading style sheets) untuk menggantikan peran gambar untuk background, atau menu dan lain lain.
  2. Disable Hotlink File, Hotlink File adalah penggunaan link gambar yang terdapat di server anda, digunakan oleh website lainnya secara langsung. Sederhananya adalah website lain menampilkan gambar, sedangkan gambar tersebut berada di server anda. Ini adalah metode “pencurian bandwidth” yang umum terjadi. Solusi : anda dapat menggunakan .htaccess untuk melakukan pemutusan jika website lain akan melakukan hotlink. Silakan menuju ke pemaparan atlab.com mengenai disable hotlinking.
  3. Optimasi HTML dan CSS, HTML dan CSS jika berisi listing kode yang banyak bisa berisi spasi dan break yang tidak perlu. Solusi : jika website anda support PHP gunakan kompresi gzip untuk HTML, sedangkan untuk CSS-nya anda bisa gunakan css compressor seperti yang dipaparkan di arantius.com.
  4. Gunakan free hosting file untuk file dan gambar, jika anda ingin menyimpan file besar untuk di-download, jika disimpan diserver hosting anda, akan mengakibatkan pemakaian space dan tentunya konsumsi bandwidth dari webhosting anda. Solusi : simpanlah file dan gambar berukuran besar di hosting file gratis yang banyak tersedia di internet, namun anda juga harus amati pula kebijakan penggunaannya, sehingga keberadaan file anda di hosting gratis tersebut terjaga.
  5. RSS feed Cache, RSS (Really Simple Syndication) adalah teknologi yang memberikan kemudahan kepada webmaster untuk mendistribusikan dan menerbitkan sindikasi content ke internet. Ketika RSS Feed di-cache, materi akan diambil dari hardisk dalam satuan waktu tertentu, dan akan diperbarui ketika waktu penyimpanan cache telah habis. Solusi : Anda bisa menyimpan RSS Feed Cache tersebut menggunakan sumber dari luar seperti Rss Cache, dan jangan lupa baca petunjuknya.
  6. Website Caching, adalah metode untuk mengambil data website dari media penyimpanan yang telah dipersiapkan sebelumnya (cache), bukan pembuatan dari sumber aslinya setiap kali informasi yang sama dibutuhkan. Metode website caching ini efektif untuk menghemat konsumsi bandwidth, karena mengurangi jumlah kalkulasi browser untuk melakukan rendering sebuah website, sehingga akan mempercepat juga tampilan website. Solusi : Website Caching untuk halaman dinamis dapat diterapkan pada CMS seperti Joomla, dan wordpress, ada yang langsung bisa diaktifkan pada setup konfigurasinya seperti joomla, maupun tersedia plug-in untuk mengaktifkan web caching ini.
  7. Gunakan AJAX, AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) adalah teknologi untuk berkomunikasi antara halaman web dengan server menggunakan java script, tanpa perlu melakukan re-load seluruh halaman. Dengan metode biasa, content akan selalu di-reload ketika terjadi permintaan, dengan menggunakan AJAX, hanya content yang diperlukanlah yang akan di-reload, tidak seluruh halaman.

Jika anda ingin secara serius mengembangkan website, janganlah anda memotong anggaran untuk keperluan webhosting, dan jangan pula tergiur dengan harga yang miring, sisihkan sedikit uang untuk mendapat webhosting yang lebih baik. Jika anda memiliki website yang berjalan bagus dan mendapatkan pengunjung banyak, pada akhirnya anda sendirilah yang akan mendapatkan manfaat ataupun hasilnya.

Anda mungkin punya tambahan mengenai cara menghemat bandwidth webhosting?

4 thoughts on “Beberapa cara menghemat Bandwidth webhosting

  1. Sekarang ini salah satu web yang saya kelola sedang kehabisan bandwidth, saran2 di atas sangat membantu saya dan semaksimalmungkin akan saya terapkan
    Terima kasih banyak atas infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image