Web hosting gratis apa berbayar?

Gratis itu enak, enak itu kita akan mendapatkan fungsi yang optimal tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun, demikian juga kah dengan web hosting gratis dibandingkan dengan web hosting yang berbayar? Ada begitu banyak layanan di pasar web hosting, yang terkadang membuat anda sulit mengindentifikasi layanan mana yang terbaik untuk web site anda. Beberapa perusahaan menawarkan web hosting gratis, dan tentu saja tawaran ini sangat menggoda, tapi apakah ide web hosting gratis ini layak untuk anda pergunakan? atau apakah anda lebih memilih web hosting yang berbayar saja?

Untuk pertimbangan mencari tahu, apakah anda akan menggunakan layanan web hosting gratis atau pun berbayar, marilah kita mencermati beberapa pertimbangan di bawah ini.

ilustrasi web hosting

ilustrasi web hosting

Web Hosting Gratis

Web Hosting Gratis adalah Layanan Web Hosting yang tidak usah membayar jika kita menggunakan layanannya. Wow.. ternyata dijaman seperti ini masih ada juga layanan yang gratis ya? tentu.. di internet semua kemungkinan bisa saja terjadi. Lantas bagaimana perusahaan penyedia hosting gratis itu membiayai layanannya? tentu saja dari iklan yang disisipkan ke web site anda, dan pelanggan yang lain. Ada juga perusahaan yang menawarkan hosting gratis dengan sumber daya dan fitur web hosting terbatas, sebagai langkah mencoba, jika pengguna web hosting gratis telah memanfaatkan manfaatnya, mereka akan beralih ke layanan web hosting berbayar yang juga mereka sediakan.

Beberapa fakta tentang web hosting gratis (an) 🙂

  1. Harga, Gratis alias tidak usah bayar.
  2. Terdapat iklan di website penggunanya.
  3. Sumber daya terbatas, baik itu bandwidth, kapasitas hardisk, penggunaan database. Jangan heran jika anda melihat web site anda tiba-tiba kena penangguhan (suspend), karena melebihi penggunaan sumber daya, ataupun anda melanggar ketentuan penggunaan mereka.
  4. Ada beberapa yang support nama domain, namun umumnya namanya mengikuti di belakang nama sang penyedia layanan, misalnya http://www.domain.com/namauser.
  5. Support terbatas, apa yang anda harapkan dari support teknis ketika anda mendapatkan sesuatu secara gratis?

Jadi Web hosting gratis pasti jelek? belum tentu, web hosting gratis juga menawarkan fitur tak kalah menarik yang sesuai dengan tema web mereka, seperti blogger.com yang menawarkan web hosting gratis untuk mengembangkan blog, dengan beberapa kemudahannya, termasuk pilihan template dan web builder dan banyak blogger memulai aktifitas blogging-nya di sini.

Web hosting gratis ini, menurut hemat saya cocok untuk :

  1. Pemula, yang ingin mengembangkan sebuah web site sederhana, seperti personal site, blog dan lain-lain, yang tidak memerlukan database yang terlalu banyak baik dari besaran file maupun jumlah akun database-nya.
  2. hobbyist, yang ingin mendokumentasikan kegiatan mereka, bisa membuat sebuah blog yang tidak terlalu kompleks pembuatannya.
  3. Blog Marketing, dengan membuat blog sederhana anda bisa memasarkan produk dan layanan anda, kemudian anda menggunakan fitur komentar untuk berinteraksi dengan pengunjung web anda, dan mereka akan mengontak anda melalui cara kontak yang anda tampilkan di sana.

Web Hosting Berbayar

Seperti namanya Web hosting berbayar (paid web hosting) adalah web hosting yang menerapkan pembayaran untuk penggunaan layanannya, tidak seperti web hosting gratis, web hosting berbayar, lebih longgar dari sisi penawaran fitur, pilihan upgrade paket, support pelanggan 24 jam yang responsif seperti yang kami tawarkan di nusamedia, penggunaaan domain sendiri, fasilitas email, alokasi database, penggunaan sub domain, forwarding email, backup/ restore dan lain sebagainya, yang kesemuanya itu hampir tidak didapatkan di web hosting gratis.

Web hosting berbayar juga tidak selalu lebih baik dari web hosting gratis, anda perlu lebih cermat dalam mengamati setiap tawaran yang mereka berikan, sesuaikan dengan keperluan dan tujuan anda. Selamat memilih layanan web hosting… 🙂

2 thoughts on “Web hosting gratis apa berbayar?

    • Hosting juga berpengaruh mas selain lokasi geografis untuk target SEO anda ( tapi nampaknya target cenderung ke global ya?) crawling sama indexing akan sangat dipengaruhi oleh kecepatan loading dari website/ hosting yang bersangkutan dan tentu saja uptime dari web yang bersangkutan mas paijo…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image