Mengoptimalkan Site Map untuk Search Engine

Site Map (peta situs, untuk selanjutnya kita sebut site map saja, demi pemahaman yang seragam), adalah secara sederhana merupakan kumpulan daftar halaman dalam sebuah web site, yang dapat diakses oleh pengunjung maupun crawler mesin pencari (search engine). Jika anda ingin pengunjung (dan tentu saja mesin pencari) dapat menemukan seluruh isi situs anda, anda dapat melakukannya dengan mudah dengan mengoptimalkan site map ini. Semakin banyak isi (content) web site anda, maka site map ini akan berguna sekali baik untuk pengunjung maupun mesin pencari.

Walaupun begitu banyak orang yang mengembangkan web, menyia-nyiakan kesempatan besar ketika menciptakan site map, yang dapat memastikan bahwa seluruh content web site anda akan dengan mudah ter-indeks dengan baik di mesin pencari. Secara analogi buku, site map adalah daftar isi dari sebuah buku, bukankah untuk lebih detail mencari bab dan sub-bab buku, kita harus melihat dulu daftar isi buku tersebut?

ilustrasi Site Map

Berikut ini beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat site map, untuk web site kita :

  1. Link yang anda buat untuk masing-masing halaman, haruslah merupakan kata kunci dari tema utama dalam halaman tersebut, atau masuk dalam daftar dari beberapa kata kunci. Logikanya setiap orang yang melihat judul sebuah link dalam halaman anda, maka halaman yang didalamnya pastilah berisi penjabaran dari judul link tersebut.
  2. Jika web site anda membahas tentang tema-tema tertentu, maka pastikan anda masukkan item pencarian utama (sebagai judul untuk tema tersebut) , dalam heading website anda. Gunakanlah tags H2 untuk setiap judul halaman di heading masing-masing halaman.
  3. Site Map berupa halaman teks biasa,  tidak memandang skema navigasi halaman apa yang anda pergunakan, mesin pencari mengalami kendala dalam mengikuti navigasi cgi atau image map, jadi pergunakanlah teks biasa dalam halaman site map anda, yang akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.
  4. Modifikasi/kustomisasi halaman “error 404”, dimana halaman ini akan tertampil jika pengunjung keliru dalam menulis link, atau halaman mengalami “broken link” dengan demikian, meskipun penulisan keliru, maka pengunjung dan mesin pencari akan langsung menuju ke halaman site map anda. Anda bisa mencari banyak tutorialnya mengenai kustomisasi “halaman 404” ini, salah satunya disini.

Site Map adalah bagian penting dalam strategi  pemasaran web site, dan meskipun anda bukan orang yang canggih dibidang pengembangan web, anda cuma perlu beberapa menit untuk membuat site map yang baik. Selamat mengoptimalkan site map anda ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image