Pengaruh Web Hosting terhadap hasil SEO

Apakah ada pengaruh web hosting yang kita pergunakan terhadap hasil optimasi SEO yang kita lakukan?. Penerapan SEO (search engine optimization), dipengaruhi oleh banyak faktor, dan semakin kita berpikir telah banyak mengetahuinya, maka disaat itulah kita semakin banyak harus belajar. Setiap aspek dari web site, harus diperhatikan dalam rangka mengoptimasi website untuk mendapatkan trafik dari search engine. Termasuk juga dalam pertimbangan pemilihan web hosting yang anda pergunakan untuk menyimpan content web anda.

Web hosting untuk SEO

Web hosting untuk SEO

Reliabilitas Web Hosting adalah pertimbangan utama dalam pemilihan web hosting untuk keperluan bisnis dewasa ini. Jika Web Hosting anda tidak efisien menjaga web site anda tetap up and running, maka upaya optimasi SEO anda akan menghasilkan justru website anda akan terkubur dalam-dalam di belantara mesin pencari (search engine). Lantas apa saja yang menjadikan ukuran web hosting dalam keberhasilan kita melakukan optimasi SEO?

Downtime dan crawler

Mesin pencari menggunakan crawler untuk meng-indeks seluruh halaman web. Jika web site anda down pada saat crawler sedang menelusuri situs anda, makan mesin pencari tidak dapat menjelajah dan mencari setiap perubahan yang dibuat oleh web site anda. Ini berarti jerih payah anda dalam melakukan optimasi SEO, tidak akan dicatat oleh mesin pencari. Sayangnya jika down terjadi berulang kali, maka tanpa anda sadari akan menghambat upaya SEO untuk web site anda.

Kecepatan akses server

Memiliki web site dengan loading yang lambat, dapat mencederai upaya SEO untuk web site anda. Anda perlu cermat memilih web hosting yang reliable dan server yang kompeten. Pilihlah paket hosting yang menjamin sumber daya web hosting (CPU, RAM, dan hardisk) akan mendukung unjuk kerja web site anda, sehingga web site anda akan berjalan dengan smooth, walaupun anda sedang upload konten dalam jumlah besar, atau dikunjungi ratusan pengunjung yang unik (unique visitor) setiap harinya. Nah… parahnya jika web site anda terlalu lama loading-nya ketika dikunjungi, bukan tidak mungkin pengunjung menjadi jengkel dan enggan untuk mengunjunginya lagi.

Google menggunakan algoritma yang mendeteksi berapa lama seseorang mengunjungi situs anda sebelum kemudian kembali ke hasil mesin pencari lagi. Informasi ini akan masukkan ke dalam skor SEO dan berakibat langsung terhadap peringkat web site anda. Jika pengunjung anda hanya mengunjungi web site beberapa detik, karena jengkel dengan waktu loading yang lama, maka yakinlah web site anda akan mengalami penurunan page rank. Jika Anda ingin situs Anda untuk terdapat di bagian atas mesin pencari dan tetap di sana, maka Anda paket hosting yang reliable (handal) dengan sumber daya server yang besar.

Lokasi Server

SEO dalam hubungannya dengan bisnis online adalah upaya untuk mendekatkan web site anda dengan target pasar. Jika target pasar anda adalah khusus di indonesia, otomatis ingin rangkingnya bagus di Indonesia,  maka pilihlah hosting yang secara fisik di dalam wilayah indonesia. Namun, Jika anda ingin web site anda rangkingnya bagus di Google, maka carilah Web hosting yang secara geologis berada di USA.

Handal menangani Traffic Data

SEO adalah perkara mengundang lalu lintas data ke web site anda, oleh karena itu pilih web hosting yang handal dalam menangani lalu lintas data yang besar, setidaknya walaupun mungkin setiap server itu tidak mungkin menangani unlimited traffic, pilihlah web hosting yang dapat mengoptimalkan server mereka dalam menangani laju lalu lintas data yang besar. Anda tak ingin bukan web site down tiba-tiba tanpa pemberitahuan gara-gara sumber daya web hosting anda terganggu akibat laju traffic data yang besar, dan perusahaan web hosting terpaksa melakukan suspensi terhadap web site anda?.

Oleh karenanya pilihlah dengan cermat web hosting yang akan anda pergunakan untuk web site anda, kalau tidak ingin membuang rupiah anda dengan percuma :p

One thought on “Pengaruh Web Hosting terhadap hasil SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image