Cara Memilih Nama Domain

nama domain

Pemilihan Nama Domain

Nama domain yang lebih dikenal Domain Name,   atau cukup domain saja, yang anda gunakan untuk website adalah indentitas anda di Internet. Domain ini mewakili alamat anda di internet dan tentu saja mewakili merk (brand) perusahaan anda. Anda mempunyai ide yang bagus untuk membuat website yang menarik, produk yang menarik untuk dijual, informasi atau tutorial yang bagus yang akan anda bagi ke berbagai penjuru dunia melalui website anda, namun ketika anda berada pada posisi memilih nama domain, itu bisa jadi agak membuat anda ragu-ragu.

Kami di sini ingin memberikan poin-poin yang bisa dijadikan pertimbangan untuk anda ketika anda akan memilih nama domain untuk website anda :

Pemilihan nama yang sesuai

Anda harus pahami betul tujuan pembuatan website anda, karena hal ini merupakan faktor yang penting dalam pemutusan pemilihan nama domain. Nama domain yang anda pilih sedapat mungkin menggambarkan secara sepintas web anda, dan berhubungan dengan materi yang anda masukkan.

Nama Generik atau Nama Merk

Nama generik adalah penamaan yang mempergunakan kata-kata yang menggambarkan produk dan jasa yang ditawarkan. Ketika kita mengucapkan nama tersebut, langsung terbayang dalam benak kita tema apa yang terdapat dalam sebuah web, misalkan nama webhostingreseller.com, pastilah dengan mudah kita akan mengubungkannya dengan sebuah web yang berkaitan dengan reseller hosting. Nama ini bagus tetapi, karena sifat nama domain yang unik, maka tentu saja pilihan kata yang enak diucapkan menjadi terbatas, sehingga kata cenderung menjadi panjang. Tetapi dengan sedikit kreatifitas anda bukan tidak mungkin akan didapat nama yang enak dilafalkan dan tentu saja mudah diingat. 🙂

Sementara Nama Merk (Brand Name) adalah nama yang fungsinya sebagai simbol dari sebuah produk barang atau pun jasa, semisal Google atau Yahoo.

Sekarang pilihan tergantung pada anda, apakah akan menggunakan nama generik, brand, atau gabungan keduanya.

Lebih Pendek Lebih Baik

Dalam pakem nama domain, the shorter the better, lebih pendek nama, akan lebih mudah diingat, lebih mudah diketikkan di browser, dan lebih mudah dilafalkan untuk diceritakan kepada orang lain.

Hindari Konflik dengan Hak Cipta

Sebelum mendaftarkan nama domain anda, pastikan nama yang anda pilih tidak mempunyai kemiripan atau pun kesamaan dengan merk dagang/Hak cipta lain, walaupun nama tersebut belum ada yang menggunakannya di domain internet. Jika anda memilih nama domain yang melanggar hak cipta dari nama atau badan lain, maka pemegang hak cipta dapat menempuh jalur hukum untuk meminta anda menyerahkan nama domain yang telah anda daftarkan ke pemilik hak cipta tersebut.

Unik tetapi mudah di ucap dan ditulis

Nama domain yang unik akan lebih mudah diingat oleh pengunjung web anda. Nama tersebut harus pendek, enak di ucapkan dan ditulis. Jangan memaksa visitor web anda untuk mengingat nama yang panjang dan bertele-tele, karena mereka akan malas. Salah satu alat bantu yang digunakan untuk mendapatkan nama yang unik adalah Google Keyword Tool. Anda akan ditunjukkan keyword populer berdasarkan topok yang anda pilih, sehingga anda dapat membuat nama domain berdasarkan variasi gabungan keyword tersebut.

Keyword Rich

Entah bagaimana saya menerjemahkan kata ini, kaya akan keyword? pilihlah nama domain yang menjadi kata kunci yang berhubungan dengan materi web anda. Mudahnya begini, jika anda menjual produk sepatu pastikan ada kata sepatu dalam nama domain anda.

Brandable

Ketika anda memilih nama domain untuk merk, usahakan yang brandable, pilih nama yang unik pendek dan gampang diingat, biarpun oleh pengunjung pemula sekalipun.

One thought on “Cara Memilih Nama Domain

  1. Pingback: Nama Domain | Dunia Teknik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image