Transfer Domain dan Ketentuannya

Transfer Domain

Transfer domain adalah perpindahan pengaturan domain dari satu registrar ke registrar lainnya. Registrar hanya berfungsi melakukan pengaturan terhadap domain, sehingga perpindahan antar registrar, tidak akan mengganggu aktifitas website, email yang berkaitan dengan domain tersebut, maupun dns-nya.

Registrar adalah suatu badan yang bertugas mengurusi pemesanan domain internet.

Mengapa perlu Transfer Domain ?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan pemilik domain melakukan transfer domain yang ia miliki :

  1. Harga, di sini harga memegang kendali prioritas utama dalam pengambilan keputusan orang melakukan transfer domain, perbedaan harga walau hanya dalam kisaran ratusan rupiah selisihnya, orang cenderung memilih domain dengan harga yang lebih murah. normal kan?
  2. Administrasi Domain dan Hosting, pemilik domain berpindah layanan hosting dari hosting provider lama ke yang baru. Demi alasan kemudahan pengurusan administrasi billing, pemilik domain melakukan transfer domain, jika antar kedua provider hosting tersebut menggunakan registrar yang berbeda.
  3. Support, pemilik domain melakukan transfer domain ke registrar yang dirasa support-nya paling bagus untuk mereka.
  4. Fitur Domain, Fitur domain yang lebih baik termasuk juga interface (antar muka) domain control panel untuk mengatur domain miliknya, juga ikut berpengaruh terhadap keputusan melakukan transfer domain.

Proses Transfer Domain

Sebelum melakukan proses transfer domain, ada beberapa hal dibawah ini yang harus diperhatikan mengenai status domain yang akan kita transfer, Domain anda tidak atau belum bisa ditransfer jika dalam keadaan seperti berikut :

  1. Berusia kurang dari 60 hari, dari saat pendaftaran atau dari terakhir melakukan proses transfer.
  2. Theft Protection/Lock/ Suspension dalam keadaan aktif (enable) pada domain yang akan ditransfer. Untuk melakukan proses transfer pastikan ketiga mode tersebut tidak aktif pada domain (disable).
  3. Privacy Protection dalam keadaan aktif (enable) pada domain, sebelum melakukan proses transfer privacy protection harus di non aktifkan dulu (disable) pada domain yang bersangkutan.
  4. Status domain berada dalam Redemption Grace Periode, atau Pending Delete. Dalam keadaan ini domain anda tidak dapat dilakukan proses transfer.

Nah.. sekarang bagaimana proses transfer domain dilakukan? mari kita simak pemaparan berikut :

  1. Pelanggan memilih mode Transfer Domain untuk memulai proses inisiasi transfer domain yang dimaksud dengan ketentuan domain seperti di atas, dengan memasukkan Kode transfer domain (EPPAuth Code, Transfer Secret)  dari registrar lama. Pada proses ini juga diakhiri dengan pendaftaran account pelanggan ke registrar yang baru.
  2. Registrar baru mengirimkan email ke pelanggan yang berisi konfirmasi telah dilakukan inisiasi proses transfer,  dan disertakan link untuk melakukan persetujuan proses transfer tersebut.
  3. Registrar baru melakukan pemberitahuan kepada registrar lama, bahwa telah dilakukan permintaan proses transfer domain.
  4. Registrar lama mengkonfirmasi pelepasan domain ke registrar baru, dengan mengirimkan email ke pelanggan.
  5. Pelanggan mengkonfirmasi pelepasan domain dari registrar lama.
  6. Registrar lama melepas domain kepada registrar baru.
  7. Transfer sukses, dengan dikirimkannya pemberitahuan mengenai selesainya proses transfer. Dan Pelanggan sekarang memiliki kontrol penuh domainnya di registrar yang baru.
  8. Proses Transfer Domain secara umum berlangsung selama 5-7 hari, tergantung dari respon pelanggan dalam melakukan konfirmasi dari email yang dikirimkan kepadanya.

Demikianlah sekelumit proses Transfer Domain, semoga sedikit mencerahkan dan tidak membingungkan.. salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image