Cara Restore Backup Website

Setelah kita membaca (atau mempelajari mungkin) Backup Website Melalui Cpanel, maka pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara melakukan restore backup jika terjadi hal yang tidak diinginkan dengan website kita. Seperti artikel sebelumnya, Backup file website melalui cpanel anda terdiri dari dua tipe backup, yaitu full backup dan partial backup. Dalam Cpanel tersedia fasilitas restore backup, namun hanya untuk partial backup, sedangkan untuk full backup anda memerlukan akses root SSH karena anda perlu merestore semua konfigurasi akun webhosting anda.

Persiapan Sebelum melakukan Backup

Sebelum melakukan backup persiapan apa yang harus anda lakukan?. Tentulah dengan mempersiapkan file backup terlebih dahulu kan. Setelah anda melakukan full backup, anda bisa mendowload file backup tersebut, untuk kemudian anda simpan di komputer atau di server lain. Untuk partial backup dapat anda download masing-masing file backup yaitu home directory, MySQL Databases, Email Forwarder Config, dan Email Filter Config, dan menempatkannya di Komputer atau Laptop anda.

Restore (partial) Backup melalui Cpanel

Seperti pada proses pembuatan backup anda harus terlebih dahulu login cpanel menggunakan username dan password akun anda. Setelah itu anda akan dibawa menuju ke frontend Cpanel seperti tampak pada gambar di bawah ini :

front end cpanel restore

Di sini anda bisa memilih icon backup wizard (sorot merah), yang terdapat pada kelompok icon ketiga. Anda klik icon backup wizard dan kemudian di layar anda akan tertampil menu seperti di bawah ini :

Backup Wizard

Disini tertampil 3 tab pilihan yakni (1) Backup/Restore, (2) Full or Partial backup, (3) Download. Karena anda ingin melakukan restore backup, anda sudah berada dalam pilihan pertama yaknin Backup/Restore, anda pilih kolom sebelah kanan dan klik tombol Restore. Selanjutnya di layar anda akan tertampil, menu restore seperti di bawah ini :

Menu Restore

Dari sini anda dibawa menuju tab kedua Restore Type, kemudian and bisa memilih tipe restore yang terdiri dari 3 bagian yaitu, Home Directory, MySQL Databases, dan Email Forwarder and Filter. Pilihlah Tipe restore yang anda inginkan taruh kata home directory, anda klik pilihan home directory, untuk selanjutnya akan dibawa ke tab ketiga yakni upload file backup anda.

Upload Restore File

Di Langkah terakhir ini anda akan melakukan upload file backup untuk home directory, klik Browse carilah file backup anda yang sudah anda download, kemudian anda klik upload. Proses selesainya restore backup ini tergantu pada besar kecilnya file backup dan kecepatan transfer upload file backup tersebut, setelah proses selesai makan anda akan diberitahu melalui konfirmasi di layar bahwa proses backup telah selesai.

Mudah bukan? untuk melihat hasilnya anda bisa melakukan refresh tampilan URL website anda melalui browser yang digunakan.

Restore Full Backup

Saya tekankan disini bahwa Restore Full Backup membutuhkan otorisasi root, sehingga tidak bisa dilakukan melalui cpanel shared hosting maupun reseller hosting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image