Trafik Website antara Impressions dan Clicks

Impressions dan Clicks (saya lebih suka memilih nama aslinya daripada menterjemahkannya) adalah hal yang umum ketika anda menganalisa halaman web anda terhadap respon pengunjung yang didapat. Bagi anda yang peduli dengan trafik website yang anda kerjakan, lengkap dengan segala jargon SEO, optimasi keyword dan sebagainya, anda tentu ingin mengetahui impressions dan clicks ini memiliki maksud apa yang sebenarnya. Anda telah mempelajari berbagai macam tips SEO, anda telah mengerahkan daya upaya untuk optimasi keyword, sekarang anda tinggal menganalisa respon pengunjung terhadap halaman web yang anda buat. Sampailah anda pada analisa webstat di cpanel web hosting anda dan membaca keterangan, Impressions ? Clicks apa pula itu?

Impressions – Sesuai namanya, dalam dunia statistik web, impressions berarti sebuah keadaan dimana pengunjung web melihat atau menyaksikan (sepintas) website atau link dari website anda, tetapi tidak melakukan click terhadap link halaman tau website yang dilihatnya. Secara sederhana dapat dikatakan pengunjung melihat link website anda atau halaman website anda pada sebuah web lain (iklan), namun pengunjung tidak melakukan aksi lebih lanjut untuk mengunjunginya (melakukan click through).

Clicks – Berarti suatu keadaan dimana pengunjung web melakukan kunjungan ke website anda dari sebuah link yang menuju website atau halaman website anda (click through). Jika angka yang menunjukkan status ini meningkat dari kehari dan cukup signifikan, maka usaha anda untuk mempertajam insting SEO, dan segala macam optimasi keyword mulai berbuah, anda pun tidak akan sia-sia jika anda mungkin melakukan investasi dengan menaruh website anda dihalaman iklan. Website anda menuju ke ketenaran :D.

Skema Impressions vs Clicks

Impressions Vs Clicks

Jika kita ibaratkan website anda sebuah toko kelontong di jalan protokol, impression menunjukkan skor berapa orang yang lewat didepan anda melihat toko anda, sedangkan clicks adalah berapa orang yang melihat kemudian mengunjungi toko anda. Jika jalan protokol anda ramai otomatis prosentase impressions bisa menjadi tinggi, tapi belum tentu akan menjamin status clicks juga akan menjadi tinggi. Untuk mendapatkan status clicks yang tinggi makan anda harus memastikan pengunjung tertarik untuk mendatangi toko anda. simple? ya memang simple, walau pada pelaksanaannya bisa membuat frustasi.

Untuk mendapatkan skor impression tentu saja anda harus membuat link ke website anda visible dalam trafik di internet, entah melalui iklan, media sosial, penajaman keyword dengan topik halaman, dan sebagainya. Angka impressions yang tinggi membuka kesempatan untuk mendapatkan skor clicks yang tinggi pula, tentu saja dengan menjamin apa yang dicari oleh pengunjung dapat ditemukan di website anda, sehingga pengunjung merasa tertarik mengunjungi website anda dan bukan hanya sekedar jebakan link.

Impression rendah berarti website anda kurang terlihat, pada keadaan ini anda jangan berambisi meningkatkan jumlah clicks terlebih dahulu, status website anda adalah nowhere near, alias seperti jarum dalam tumpukan jerami. Jarak yang cukup jauh antara skor impressions dan clicks, menunjukkan website anda kurang bisa menarik pengunjung. Hal utama dalam menarik pengunjung adalah konten, anda membuat konten populer atau bahkan kontroversial, unik dan otentik akan menjadi senjata yang handal.

Jika skor Clisks anda tinggi dan berkembang dari hari kehari maka investasi waktu, tenaga dan uang untuk website anda tidak sia-sia, website anda menarik banyak pengunjung, pengunjung berarti trafik. Trafik inilah sumber mata pencaharian anda di dunia online. Plain and simple… 🙂

2 thoughts on “Trafik Website antara Impressions dan Clicks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image