Hotlink Protection melalui Cpanel

Hotlink Protection adalah  langkah proteksi untuk mencegah pengambilan objek website anda oleh website lainnya. Object ini bisa berupa file atau gambar yang tanpa anda ketahui langsung dicomot begitu saja dari website anda dengan memasang direct link ke file/gambar tersebut. Dari sekian metode hotlink protection ini, salah satunya adalah dengan memanfaatkan fasilitas di Cpanel akun web hosting anda. Dengan mengaktifkan fitur Hotlink Protection di cpanel, akan memberikan perlindungan file gambar, video atau file lainnya agar dipasang begitu saja oleh web lain, dengan menggunakan direct link.

Hotlink Protection untuk menghemat bandwidth

Proteksi Pencurian Bandwidth

Well, untuk shared hosting dimana bandwidth adalah sumber nafas utama web anda, dan itu terbatas alokasinya, mengaktifkan hotlink protection, mungkin adalah salah satu alternatif yang efisien, terutama jika website anda banyak memuat file gambar, video, document dan lain-lain, yang secara mudah dapat diambil oleh website lain. Jika website lain menggunakan direct-link ke gambar atau file lainnya di website anda, untuk ditampilkan di web mereka, mereka akan banyak menggunakan jatah bulanan bandwidth anda daripada bandwidth mereka, terkecuali memang anda ingin memberikan layanan semacam youtube, sehingga website lain bisa mencomot begitu saja file yang berada di website anda.

Jika anda ingin mengaktifkan fasilitas hotlink protection di Cpanel, marilah kita cermati gambar dan keterangan berikut :

Menu Hotlink Protection

  • Syarat utama adalah anda mempunyai akun cpanel di web hosting anda, langkah standar adalah login menggunakan username dan password, kemudian anda masuk front end cpanel, anda pilih icon hotlink protection, sesaat kemudian anda akan dibawa kepada tampilan seperti di atas.
  • Sebelum tergesa-gesa mengisi kolom-kolom yang ada, anda perhatikan dulu status hotlink protection, pada gambar di atas statusnya berbunyi “Hotlink Protection is currently Disabled. Untuk mengaktifkannya anda klik tombol enable.
  • Kolom dibawahnya dan seterusnya adalah konfigurasi dari Hotlink Protection, Pertama anda masukkan nama URL yang akan diberikan akses untuk file-file anda, secara defaut disitu sudah terdapat url anda sendiri, seperti tampak dalam gambar, anda tinggal menambahkan alamat url yang akan diijinkan untuk mengakses file-file anda.
  • Berikutnya anda mengisi ekstensi file apa saja yang anda block, jika terjadi direct-link oleh website lain, tentu saja selain yang sudah didefinisikan di kolom di atasnya. Anda bisa memasukkan lebih dari satu ekstensi file, masing-masing ekstensi anda pisahkan dengan tanda koma (,).
  • Lanjut ke bawahnya, anda masukkan link URL untuk redirect access jika terjadi percobaan akses terhadap file-file yang anda maksudkan diatas.
  • Jika anda akan mengijinkan direct request, menampilkan link file-file tersebut melalui web browser, maka¬† pilihan Allow Direct Requests anda centang.

Selesailah sudah, file-file anda seharusnya sudah aman dari pencurian link, dan anda dapat lebih menghemar bandwidth bulanan anda (yang terbatas) :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image