Pertanyaan Umum Seputar Web Hosting

Memilih web hosting terkadang menjadi hal yang paling memusingkan buat customer, mereke mengemukakan banyak pertanyaan seputar web hosting agar nantinya website mereka aman jika dipercayakan kepada salah satu web hosting provider. Sebagai penyedia web hosting, kami juga banyak mendapatkan pertanyaan mendasar mengenai web hosting itu sendiri, dan itu wajar karena pelanggan ingin mendapatkan layanan yang terbaik untuk website mereka. Beberapa dari pelanggan nampaknya kurang beruntung karena harus beberapa kali pindah layanan  web hosting, hingga mendapatkan yang terbaik buat mereka. Bahasa marketing memang selalu manis, walau pada pelaksanaanya sering tidak sesuai harapan customer.

Saya rangkumkan beberapa pertanyaan umum dari pelanggan web hosting kami, yang mungkin dapat berguna buat anda yang ingin mencari layanan web hosting terbaik untuk website anda.

Pertanyaan Seputar Web hosting

Lebih baik mana Windows Hosting apa Linux Hosting?

Masing-masing memiliki kelebihan kekurangan dari sisi kinerja, namun dari sisi penggunaan Operating system untuk web server oleh web hosting provider, linux masih unggul dari pada windows dari sisi penggunaannya. Mungkin pertimbangannya karena linux berlisensi GPL, dan dukungannya juga lintas forum lintas negara.

Sedangkan dari sisi ekonomisnya, karena windows menggunakan lisensi berbayar, belum lagi aplikasi-aplikasi pendukungnya, maka akan berpengaruh terhadap harga penjualan paket hostingnya. Secara otomatis  dengan spesifikasi yang sama harga berlangganan paket Windows hosting akan lebih tinggi daripada Linux Hosting.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk Setup Akun Web Hosting?

Dalam aktivasi akun web hosting, ada 2 hal yang dilakukan oleh penyedia web hosting, pertama adalah melakukan create akun di Server Web Hosting, dan yang kedua melakukan binding nama domain dengan akun web hosting yang bersangkutan melalui DNS-nya.

Propagasi DNS

Untuk domain ini ketika anda mendaftarkan domain ke registrar, anda diharuskan menuliskan nameserver untuk domain terebut. Penulisan nameserver ini dimaksudkan sebagai penunjuk DNS master authority dari nama domain yang bersangkutan, atau lebih gampangnya database utama dari nama domain tersebut. Pihak luar yang ingin mengunjungi website anda dengan mengetikkan nama domain tersebut, akan menanyakan ke nameserver, perihal data domain domain, kemudian nameserver memberikan alamat ip dari domain tersebut, sehingga website anda bisa terlihat.

Masing-masing ISP memiliki cache DNS, dan memiliki waktu update DNS yang berbeda-beda, sehingga perlu waktu agar data registrasi domain itu menyebar ke DNS ISP di seluruh dunia, waktu inilah yang dinamakan propagasi DNS. Diperlukan waktu 24-72 jam untuk propagasi ini bisa menyebar ke seluruh dunia.

Kesimpulannya, soal berapa lama waktu yang diperlukan untuk aktivasi akun, berdasarkan keterangan di atas, semua tergantung masing-masing web hosting provider. Waktu yang fair dengan segalanya berjalan normal adalah 24 jam dari ketika anda melakukan pembayaran. Beberapa Web hosting mungkin bisa mengaktifkan akun anda lebih cepat.

Siapa yang akan melakukan Backup Saya atau Web Hosting Provider-nya?

Most definitely you, karena andalah pemegang otoritas website anda sendiri, dan tahu kapan akan melakukan update, sehingga jika anda mengandalkan backup reguler dari web hosting anda, bisa tidak sesuai harapan nantinya jika terjadi sesuatu.

Benarkah Layanan saya Unlimited?

Dalam dunia yang mempunyai resource terbatas (ada batasnya), tidak ada kata unlimited di dalamnya. Percayalah itu cuma bahasa marketing. Hal bijak adalah menggunakan layanan  paket hosting sesuai dengan kebutuhan dan anda mengeluarkan biaya yang sesuai untuk itu, untuk apa anda memikirkan layanan bandwith unlimited, addon domain unlimited, email unlimited, sementara web anda belum teruji dampaknya untuk orang lain?.

Berapa ukuran ideal Uptime Server?

Uptime adalah jumlah waktu dalam satuan waktu tertentu, dimana Web Hosting Server dalam keadaan berfungsi penuh (termasuk semua service-service-nya), Sebaliknya downtime adalah jumlah waktu ketika server tidak dalam keadaan berfungsi penuh. Memang tidak ada patokan resmi perihal uptime ini, namun untuk dalam rata-rata layanan sebuah website yang dijamin selalu “menyala” 99,5%-99,99%  adalah nilai yang realistis mengingat keseriusan layanan  dari web hosting provider sendiri dan kebutuhan pelanggan untuk reliablitas website-nya. Namun juga perlu anda ingat bahwa software pendukung web hosting server adakalanya perlu untuk dilakukan update, dan untuk update yang menyeluruh (seperti update engine database, update apache web server dll), pihak provider perlu mematikan server-nya.

Ada beberapa pertimbangan yang perlu pembaca perhatikan mengenai masalah uptime ini dalam memilih layanan web hosting.

  1. Jika anda ingin layanan server dengan uptime 100% (atau bahkan 99.99%) adalah tidak mudah dan tidak murah juga.
  2. Fokuslah pada Kualitas layanan bukan pada kuantitas, karena bahkan yang menjanjikan refund ketika granasi uptime dilanggar pun, sering kali tidak transparan mengenai status server web hosting mereka.
  3. Pilihlah Webhosting dengan Hardware dan dukungan data center yang bagus, mereka biasanya memiliki sistem redundancy sebagai untuk mengatasi keadaan yang tidak diinginkan.A
  4. SLA (Service Level Agreement) dan Uptime Guarantee bisa jadi sebuah trik marketing.
  5. Anda bisa gunakan 3rd party software (banyak layanan gratis untuk memonitor uptime) untuk memonitor status uptime server yang anda gunakan.
  6. Akhirnya anda perlu satu patokan yakni layanan yang reliable, dimana web hosting provider mengutamakan uptime server maksimal, Data Center yang representatif, serta keterbukaan layanan ketika terjadi layanan yang terhenti akibat sebuah gangguan. Karena 99,9% Uptime server “terkadang” hanyalah cuma sekedar angka untuk lebih memperlihatkan layanan yang tangible, alias meyakinkan calon customer web hosting.

Semoga bermanfaat… 🙂

One thought on “Pertanyaan Umum Seputar Web Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image